JATIMTIMES – Mengalami kram atau nyeri haid, rasanya memang  sangat tidak nyaman. Tingkat rasa sakitnya pun, dirasakan berbeda pada setiap perempuan.

Ada yang mengalami kram ringan, namun ada juga lainnya yang merasakan rasa nyeri ekstrem. Tentu saja, hal ini sangat menggangu aktivitas.

Biasanya, kebanyakan perempuan mengalami sakit perut atau panggul pada awal siklus menstruasi. Di beberapa kasus, pengobatan yang tepat dapat membantu seseorang meringankan nyeri haid ini. 

Tak melulu medis, cara mengatasi nyeri haid ini bisa dengan cara alami. Hal ini disampaikan oleh dr Zaidul Akbar, dalam buku ‘Resep Sehat JSR: 200 Resep Menyehatkan’.

Ada dua resep minuman khusus untuk mengatasi keluhan haid. Yakni, ramuan seduh dan infused water yang semuanya hanya perlu menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ada di dapur.

Baca Juga  Makanan Pedas Disebut Bisa Picu Kista Ovarium, Dokter Obgyn Beri Penjelasan Begini 

Bahan-bahan tersebut, yakni jahe, kayu manis, serai, dan madu. Cara membuatnya pun sangat mudah lho.

Untuk ramuan seduh, siapkan 1 ruas jahe seukuran ibu jari orang dewasa, setengah batang kayu manis, 1 batang serai, 300 ml air panas, 1 sendok makan madu.

Kemudian, iris tipis atau geprek jahe, lalu masukkan ke dalam gelas bersama kayu manis dan serai. Seduh ketiga bahan tersebut dengan air panas, atau rebuslah sebentar semua bahan tersebut asal jangan sampai mendidih. Lalu, diamkan sebentar hingga hangat dan tambahkan madu. Barulah siap dikonsumsi.

Sementara, untuk minuman infused water, dengan takaran bahan yang sama. Tapi, jika ada jahe merah lebih baik untuk menggunakannya.

Baca Juga  Penderita Kanker Payudara Paling Mendominasi di Kota Malang

Cara membuatnya, rendam irisan jahe, serai, dan kayu manis di dalam 500-600 ml air bersuhu ruangan. Kemudian, diamkan rendaman ini selama minimal 6 jam, lalu tambahkan madu.

Bisa juga ditambah dengan kurma ketika didiamkan. Mengonsumsi infused water ini harus dalam jangka waktu kurang dari 12 jam sejak perendaman.



Arifina Cahyati Firdausi