INDONESIAONLINE – Mobil yang ditumpangi Menteri BUMN Erick Thohir saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau jalanan di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023) sempat nyangkut di lumpur.

Hal ini diketahui melalui akun Instagramnya. Erick membagikan potret kondisi jalanan di salah satu titik di Lampung.

“Titik kunjungan berikutnya, mendampingi Presiden @jokowi meninjau jalan rusak di Seputih Banyak. Jalanan ini melintasi kawasan Kecamatan Rumbia, lokasi aksi mandi lumpur beberapa waktu lalu,” tulis Erick Thohir dengan mengunggah foto-foto kondisi jalanan di Lampung.

Erick bahkan mengaku mobil yang ditumpang bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sempat nyangkut. Ia juga membagikan rekaman video saat mobil putih yang ditumpangi nyangkut di lumpur. Terlihat juga mobil putih dalam video yang dibagikan Erick Thohir harus berjalan secara zig zag.

“Mobil yang saya tumpangi bersama Pak Bas sempat nyangkut di lumpur,” tulisnya.

Sebelum itu, Erick juga dengan tegas menyebutkan bahwa kunjungan rombongan Jokowi ke Lampung memang untuk meninjau jalanan di Lampung usai viral.

“Menjawab pertanyaan warganet, apakah kami meninjau jalanan di Lampung, jawabannya: iya, pasti. Memang itu tujuannya ke sini. Begini kondisi jalanan ITERA-Purwotani di wilayah perbatasan Bandar Lampung,” tulis Erick.

Baca Juga  Sudah Berjuang Maksimal, Erick Thohir: Indonesia Harus Terima Keputusan FIFA

Dalam foto dan video yang dibagikan Erick Thohir tampak jalanan di salah satu titik di Lampung itu terdapat lubang dan genangan air. Sebagian titik bergelombang alias tidak rata, tidak beraspal dan becek berlumpur.

Sontak unggahan Erick yang diposting pada Jumat (5/5/2023) sekitar pukul 17.30 WIB itu pun menuai komentar dari beberapa warganet. “Ga kebayang jd gubernurnya pas d moment sidak bareng gini, rohnya aja mau minggat gw rasa,” @terry***.

“Diperiksa Gubernur dan pejabat lainnya pak. Banyak anggaran terserap tahun lalu bahkan peringkat 1, kok jalan masih saja rusak. Terus kemana uang2nya ??? Usut tuntas!!! #berantaskorupsi,” @lambekrimi***.

“Presiden & menterinya naik darat smpe nyangkut2. Gubernurnya naik Helikopet cek jalan rusak,” @blodot***.

“Sekarang pak jokowi merasakan apa yang di rasakan warga lampung,” @ibnu_tam***.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan akan mengambil alih perbaikan infrastruktur jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tidak mampu. Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat melakukan sidak pasar dalam rangka mengecek laju inflasi di Lampung, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga  Dinas PU Bina Marga Jatim Bersihkan Tujuh Titik Longsor Malang-Batu

Menurut Jokowi, salah satu upaya pengendalian inflasi adalah memastikan produksi dan pasokannya melimpah. “Oleh sebab itu, pentingnya infrastruktur jalan dalam rangka menurunkan biaya logistik, itu akan berpengaruh pada harga-harga yang ada di pasar,” tegas Jokowi, dikutip YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (5/5/2023).

Lebih lanjut, Jokowi yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Thohir juga bakal melakukan pengecekan infrastruktur di Lampung.

“Ya setelah ini, saya akan melihat jalan-jalan yang ada di Lampung,” katanya.

Menurut Jokowi, kualitas infrastruktur menjadi kunci biaya logistik. “Ini kita melihat inflasi, melihat harga, tetapi juga ingi melihat infrastruktur utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci, biaya logistik itu sangat tergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” tegasnya.

Jokowi juga menegaskan jika pemerintah melalui Kementerian PUPR akan segera melakukan perbaikan terhadap infrastruktur rusak yang ada di Lampung.

“Secepat-cepatnya dimulai yang rusak, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan. Kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah, clear,” tutup Jokowi (bn/dnv).