Amankan Peringatan 1 Abad PSHT,  Pemkab Blitar dan Kepolisian Apel Gelar Pasukan

 

INDONESIAONLINE-Kepolisian Resort Blitar bersama Kepolisian Resort Blitar Kota dan Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar apel gelar pasukan pengamanan peringatan satu abad PSHT, Kamis (1/9/2022) di Alun-alun Kabupaten Blitar di Kanigoro. Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom didampingi Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso dan Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono.

Kapolres Blitar, AKBP Adhitya Panji Anom menyampaikan, dalam pengamanan satu abad organisasi PSHT, pihaknya bersama-sama dengan Pemkab Blitar dan  Polres Blitar Kota bersinergi melakukan pengamanan dengan menyiapkan 876 personel. Dengan sinergitas, pihaknya berupaya menciptakan kondusifitas di wilayah Kabupaten Blitar.

“Teknis pengamanan, dari Beberapa personel akan kami terjunkan ke lapangan untuk melakukan patroli. Juga ada personel yang stand by di mako,” kata Adhitya.

Adhitya menambahkan, di momentum HUT  satu abad ini pihaknya menghimbau kepada seluruh anggota PSHT untuk tidak melakukan aksi anarkis. Pihaknya juga meminta kepada seluruh anggota PSHT agar ikut menjaga NKRI dengan menciptakan suasana damai.

“Harapan saya kepada seluruh rekan-rekan PSHT dimanapun berada, kami minta jagalah ketertiban. Damai itu indah,” tukasnya.

Selain personel Polres Blitar dan Polres Blitar Kota, pengamanan peringatan satu abad PSHT juga melibatkan instansi terkait diantaranya Kodim 0808/Blitar, Yonif 511/DY. Personel pengamanan juga melibatkan beberapa OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar diantaranya Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

“Pengamanan peringatan stau abad PSHT ini kita lakukan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti beberapa waktu lalu. Seperti kita ketahui bersama, sempat viral terjadi pengrusakan kendaraan dan pemukulan terhadap pengguna jalan lain yang pada waktu itu berpapasan dengan arak-arakan roda dua PSHT,” imbuh kapolres Blitar.

Lebih dalam Adhitya menyampaikan, personel gabungan akan melakukan patrol skala besar untuk mencegah arak-arakan dan aksi anarkisme oleh anggota PSHT. Selain itu untuk mencegah tindakan anarkisme, kepolisian juga sudah menyampaikan imbauan kepada pengurus cabang PSHT hingga tingkat ranting agar meniadakan kegiatan arak-arakan atau konvoi.

“Kami juga sampaikan dukungan kepada seluruh pihak, semoga giat pengamanan pada malam hari ini berjalan lancar. Kami akan lakukan pengamanan dengan mobil ke seluruh wilayah hukum Polres  Blitar dan Polres Blitar Kota. Prioritas diantaranya di wilayah Sawentar dan Blitar selatan,” tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono menambahkan, pengamanan ini sebagai bentuk pencegahan terjadinya aksi pengrusakan dan anarkisme yang menimbulkan keresahan masyarakat.”Jika ada aksi anarkisme maka itu sudah kami anggap sebagai oknum. Jika terjadi aksi anarkisme berarti sudah tidak mematuhi imbauan yang kami sampaikan selaku aparat keamanan. Imbaunya hanya melakukan tasyakuran di rayon masing-masing,” kata Argo.

Pengamanan peringatan satu abad PSHT mendapat dukungan penuh dari Pemkab Blitar. Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso menegaskan pengamanan ini adalah sebagai upaya mengamankan seluruh masyarakat Kabupaten Blitar dan Kota Blitar. Senada dengan Kapolres Blitar, Rahmat juga mengajak seluruh anggota PSHT untuk mewujudkan kehidupan yang damai.

“Kami sampaikan ayo kita wujudkan cinta damai. Tidak perlu ada keributan. Jangan sampai ada rebut-ribut seperti yang tadi disampaikan Pak Kapolres. Damai itu indah,” pungkas Rahmat.(Adv/Kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sukses Gelar Kejurda Robotik, Kabupaten Blitar Dapat Pujian dari Pemprov Jatim

    INDONESIAONLINE-Revolusi Industri 4.0 direspon dengan inovasi dan kreatifitas oleh Kabupaten…

Bupati Blitar Launching Pasar Lelang Cabai di Kecamatan Wonodadi

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Kolomayan, Kecamatan…