Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, Bupati Blitar : Pemuda Hari Ini Harus Bisa Jawab Tantangan Zaman

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 dengan menggelar upacara di Alun-alun Kanigoro, Jumat (28/10/2022). Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema ‘Bersatu Bangun Bangsa’.

Pantauan INDONESIAONLINE, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dipimpin langsung Bupati Blitar Rini Syarifah. Agenda ini dihadiri oleh Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar, Asisten dan Staff Ahli Bupati. Sedangkan peserta upacara terdiri dari unsur OPD di lingkungan Pemkab Blitar, TNI-Polri, pelajar, mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan.

Dalam amanatnya, Bupati Blitar Rini Syarifah selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menpora RI Zainudin Amali. Berdasarkan keterangan dalam naskah sambutan Menpora, tema Bersatu Bangun Bangsa di momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tersebut bermaksud bahwa persatuan menjadi kekuatan yang tangguh untuk membangun peradaban yang unggul.

Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

“Menpora menyampaikan, inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa.Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah. Apa yang disampaikan oleh Menpora itu ada kenyataan yang terjadi hari ini, negara dihadapkan pada krisis global, krisis pangan, krisis energi dan resesi. Pemuda hari ini harus bisa menjawab tantangan zaman,” kata Bupati Blitar, Rini Syarifah ditemui awak media usai upacara.

Dalam sambutanya Menpora juga menyampaikan, pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang.Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya.

“Apa yang disampaikan Menpora menjadi pelecut semangat bagi kita. Di tahun 2045 kita bangsa Indonesia bertekad mewujudkan terwujudnya Indonesia Emas. SDM-SDM unggul mulai sekarang harus kita bangun. Kita harus solid, kolaboratif, inovatif dan wajib bisa menjawab tantangan zaman,” tandas Mak Rini.

Lebih dalam di momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini Mak Rini menyampaikan sejumlah pesan kepada masyarakat. Diantaranya dirinya mengajak seluruh pihak khususnya pemuda untuk bersinergi , gotong royong dan kolaborasi untuk membangun bangsa dan negara.

“Ayo kita bersatu untuk berkolaborasi menciptakan inovasi. Salah satunya aplikasi inovasi teknologi untuk mengangkat potensi yang kita miliki untuk mengangkat kesejahteraan dan kemajuan daerah. Kabupaten Blitar ini potensinya banyak dan luar biasa,” pungkasnya.(Adv/Kmf)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sukses Gelar Kejurda Robotik, Kabupaten Blitar Dapat Pujian dari Pemprov Jatim

    INDONESIAONLINE-Revolusi Industri 4.0 direspon dengan inovasi dan kreatifitas oleh Kabupaten…

Bupati Blitar Launching Pasar Lelang Cabai di Kecamatan Wonodadi

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Kolomayan, Kecamatan…