Upacara HUT ke-77 RI, Bupati Blitar : Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar upacara memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022 di Alun-Alun Kanigoro, Rabu (17-8-2022). Peringatan HUT RI tahun ini mengusung tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Upacara hari kemerdekaan yang diselenggarakan Pemkab Blitar diikuti peserta dari unsur TNI/Polri, ASN di lingkungan Pemkab Blitar, tokoh agama, tokoh masyarakat, pelajar, mahasiswa, GM FKPPI, GP Ansor, Fatayat, Muslimat NU, Pramuka dan ormas. Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Blitar Rini Syarifah.

Hadir dalam agenda ini Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Sekda Izul Marom, seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Blitar, Pimpinan DPRD Kabupaten Blitar, seluruh Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar, Staf Ahli dan Asisten Bupati Blitar, veteran perintis kemerdekaan dan stakeholder terkait.

Dalam amanatnya selaku Inspektur upacara,   Bupati Rini Syarifah secara khusus mengucapkan terimakasih kepada para veteran perintis kemerdekaan. Tanpa veteran, udara kemerdekaan tidak mungkin dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.”Secara khusus saya mengucapkan terimakasih kepada veteran perintis kemerdekaan, jasa veteran sangat besar untuk kemerdekaan bangsa ini. Jangan sekali kali kita meninggalkan sejarah, perjuangan para pahlawan harus kita lanjutkan untuk mewujudkan Kabupaten Blitar Maju Bersama Sejahtera Bersama,” kata Mak Rini.

Mak Rini menambahkan, tahun ini adalah tahun ketiga peringatan HUT RI dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19. Rini bersyukur, tahun ini upacara HUT RI dapat dilaksanakan lebih meriah. Dirinya berharap, kemeriahan ini jangan sampai masyarakat lalai dengan penerapan protokol kesehatan.

“ Tanggal 17 Agustus 2022 kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun ketiga, kita memperingati hari bersejarah  ini masih dalam situasi pandemi covid-19. Dan Alhamdulillah, tahun ketiga ini kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar sudah melandai, kendati demikian saya minta, jangan kendor menerapkan protokol kesehatan. Dan jangan kendor pula semangat kita untuk memperingati hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia ini,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut saat diwawancarai awak media, Mak Rini menyampaikan di momentum HUT ke-77 RI dirinya mendorong agar masyarakat khususnya generasi muda untuk tidak gaptek teknologi. Menurutnya, teknologi merupakan modal penting untuk mendongkrak potensi daerah di seluruh sektor baik itu UMKM, pertanian, peternakan hingga pariwisata.

“Sesuai tema HUT RI tahun ini adalah pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Tema ini sudah kita implementasikan di Kabupaten Blitar melalui beragam program, seperti One Village One Product, program ini menyentuh langsung masyarakat di lapisan paling bawah yakni UMKM, seperti kita tahu UMKM ini bertahan mati-matian di masa pandemi. Juga kita mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat dengan produk UMKM kita menembus pasar internasional,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso menambahkan sesuai dengan tema HUT RI ke-77 Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, dirinya mendorong kepada seluruh masyarakat dan ASN Kabupaten Blitar ikut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dengan menggunakan produk-produk lokal.

“Banyak produk lokal kita yang bagus, seperti sepatu. Selain sepatu produk-produk lokal kita terbukti bagus-bagus semua, produk lokal kita terbukti mampu bersaing dengan produk-produk buatan pabrikan. Nah, untuk menggenjot produk lokal ini kita akan lakukan pembenahan, seperti ijin agar mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional,” pungkas Rahmat.(Adv/Kmf)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sukses Gelar Kejurda Robotik, Kabupaten Blitar Dapat Pujian dari Pemprov Jatim

    INDONESIAONLINE-Revolusi Industri 4.0 direspon dengan inovasi dan kreatifitas oleh Kabupaten…

Bupati Blitar Launching Pasar Lelang Cabai di Kecamatan Wonodadi

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Kolomayan, Kecamatan…