Proses evakuasi ular piton yang melahap peternakan warga di Desa Tlogopatut, Kecamatan Kebomas, Gresik, Selasa (1/3/2022). (Foto: Damkarla Gresik untuk JatimTimes)

INDONESIAONLINE – Ular piton sepanjang 3 meter meneror rumah warga di Jl RA Kartini, Desa Tlogopatut, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Selasa (1/3/2022).

Elis menemukan ular itu di kandang ayam di belakang rumahnya. Takut terjadi hal-hal berbahaya, Elis pun melapor ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Kabupaten Gresik, Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga sekitar pukul 07.05 WIB.

Beberapa menit kemudian tim diberangkatkan ke lokasi. Petugas langsung menuju ke tempat ular yang berada di belakang rumah Elis. Tidak butuh waktu lama bagi ular untuk dievakuasi.

“Proses evakuasi ular sanca berjalan aman,” kata Sinaga saat dikonfirmasi, Selasa (1/3/2022).

Sinaga mengatakan, sebagian besar ular yang masuk ke rumah warga mencari makan. Apalagi di belakang rumah Elis ada kandang ayam.

“Kami berupaya cepat merespon laporan yang masuk. Baik kejadian kebakaran maupun temuan seperti ular dan lain-lain,” pungkasnya.