Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak-anak usia 6-11 tahun di Kota Malang beberapa waktu yang lalu. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES – Meski terus dikebut, progress pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun di Kota Malang dosis pertama belum tuntas. Hingga akhir Januari 2022, setidaknya tercatat sekitar 92  persen dari total sasaran anak-anak telah tervaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, proses pelaksanaan vaksinasi tetap berjalan. Hanya saja, memang beberapa kendala menjadi penyebab target pelaksanaan dosis pertama yang harusnya tuntas pada akhir Januari 2022 menjadi molor.

Salah satunya, pada saat proses skrining sebelum anak-anak divaksin dalam kondisi kurang sehat. Hal inilah yang menjadikan yang bersangkutan tidak bisa disuntik vaksin.

“Memang terkadang pas waktu skrining anaknya tidak sehat, sehingga perlu dijadwalkan ulang,” ujarnya.

Baca Juga  Penyakit Cacar Monyet Termasuk Zoonosis, Dinkes Kota Malang Imbau Masyarakat Jaga PHBS 

Untuk diketahui, pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Malang telah dimulai sejak 20 Desember 2021 lalu. Di mana, jumlah target sasarannya sebanyak 76.570 anak.

Dari jumlah itu terbagi dari siswa sekolah dari lembaga pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kementerian Agama, hingga non pendidikan. Termasuk, anak-anak yang belum memiliki kesempatan bersekolah.

Dalam hal ini, semua sasaran terus dioptimalkan dengan juga menggandeng pejabat wilayah. Hal ini guna semua anak bisa tervaksinasi.

“Bagi anak yang belum memiliki kesempatan bersekolah kita juga sudah menyasar proses vaksinasinya. Melalui, RT/RW Kelurahan setempat, dan puskesmas wilayah,” tandasnya.



Arifina Cahyati Firdausi