INDONESIAONLINE – Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Timur (Jatim) Irsyad Yusuf menekankan kepada seluruh Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser di seluruh wilayah di Provinsi Jatim untuk terus menambah anggota, khususnya para kaum millenial. 

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Gus Irsyad ini usai memimpin Apel 1000 Banser di depan Balai Kota Among Tani Kota Batu dalam rangka puncak peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar oleh jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu. 

Menurutnya, kegiatan Apel 1000 Banser dalam rangka puncak peringatan satu abad NU harus diapresiasi. Terlebih lagi, apresiasi yang diberikan ini juga bentuk khidmat kepada NU. 

“Saya kira itu (peringatan satu abad NU dengan apel 1000 banser) bisa menjadi motivasi ke depannya, saya pesan tadi (Satkorcab Banser) untuk menambah anggota dengan diklatsar (pendidikan latihan dasar),” ungkap Gus Irsyad kepada JatimTIMES.com. 

Baca Juga  Pengendara Motor Listrik Tak Diizinkan Isi Daya, Ini Kata PLN UP3 Malang

Pria yang juga merupakan Bupati Pasuruan dua periode ini menyampaikan, bahwa penambahan anggota baru di Banser merupakan salah satu hal yang penting untuk terus menjalankan roda organisasi dan regenerasi keanggotaan di masing-masing Satkorcab Banser. 

“Menjadi tugas saya di Banser, saya tekankan untuk terus menambah anggota. Apalagi dari unsur millenial, jadi anak -anak 19 tahun ke atas,” kata Gus Irsyad. 

Adik kandung dari Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf ini menjelaskan, bahwa di NU sendiri memiliki tahapan-tahapan pengkaderan. Tahapan pengkaderan di NU dimulai dari Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU). 

“Di NU itu kan pengkaderannya di IPNU dan IPPNU, kemudian di Ansor. Di Ansor itu ada pilihan, ada yang ke Banser, ada yang ke Rijalul Ansor. Rijalul Ansor ini untuk menggodok calon-calon syuriah PCNU nanti,” jelas Gus Irsyad. 

Baca Juga  Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Jatim Ajak Kampus Jaga Persatuan Kesatuan Bangsa

Disinggung mengenai upaya-upaya pengenalan NU kepada para generasi millenial, Gus Irsyad mengatakan bahwa melalui kegiatan-kegiatan yang digagas oleh NU, salah satunya seperti kegiatan peringatan satu abad NU di Gor Delta Sidoarjo hingga PCNU Kota Batu yang menggelar puncak peringatan satu abad NU yang dihadiri belasan ribu warga Nahdliyyin. 

“Ini untuk lebih mengenalkan NU, lebih mengenalkan Banser dan saya harapkan banyak generasi-generasi millenial yang nantinya ikut menjadi anggota Banser melalui diklatsar,” tandas Gus Irsyad.