JATIMTIMES Bupati Jember H. Hendy Siswanto dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada hari ini 9 Februari 2022, menyampaikan ucapan selamat bagi pers Indonesia. Lebih dari itu, Bupati juga mengingatkan agar pers bisa memberikan kritik yang konstruktif kepada pemerintah, agar hasilnya bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. Kami sebagai Bupati Jember, merasa terbantu dengan adanya pers, peran pers sangat membantu menyampaikan informasi kepada masyarakat, namun meski demikian, kami ingin pers tetap kritis dan konstruktif dalam memberikan informasi, sehingga ada hasil yang dirasakan oleh masyarakat,” ujar Bupati Jember H. Hendy Siswanto.

Dalam beberapa kali kesempatan Bupati juga menyebutkan jika pers merupakan bagian dari tim kerjasama pemerintah untuk memajukan sebuah daerah dalam penyampaian informasi, termasuk pemberitaan yang bersifat kritik konstruktif namun juga dituntut untuk profesional.

Baca Juga  Meriahkan HUT RI ke-77, PT Cakra Guna Cipta Gelar Lomba untuk Karyawan

“Banyaknya informasi yang berkembang saat ini, terlebih berita hoax, pers lah yang menjadi ujung tombak dalam menyajikan informasi yang akurat, terlebih di masa pandemi covid seperti saat ini, keberadaan pers sangat membantu pemerintah dalam menyajikan informasi, tentunya dalam penyajian berita juga harus profesional,” ujar Bupati.

Bupati juga menyebut, kesuksesan vaksin dan pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Jember, tidak lepas dari peran pers yang selama ini tidak henti-hentinya menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Terlebih di masa pandemi covid seperti saat ini, peran teman-teman pers sangat penting, terlebih dalam menyajikan informasi soal vaksin dan covid-19, sehingga target vaksin kami bulan lalu bisa terselesaikan, semua ini tidak lepas dari peran pers,” ujarnya.

Baca Juga  Desa Gandekan Sukses Gelar Turnamen Sepakbola Ganesa Cup, Ajang Pembinaan Pemain Muda dan Geliatkan Ekonomi Rakyat

Bupati pun meminta kepada insan pers agar, selain menyajikan informasi, juga membantu memberikan penyadaran dan edukasi kepada warga yang belum vaksin, karena tidak mungkin Forpimda berkerja sendiri untuk mensukseskan vaksinasi tanpa bantuan informasi dari pers.

“Kepada teman-teman wartawan, di masa pandemi ini, memiliki tugas ganda, selain menyajikan dan mengedukasi masyarakat soal vaksin, kami juga meminta teman-teman wartawan mengajak tetangga atau saudaranya yang belum vaksin untuk ikut vaksin,” pungkas Bupati. (*)



Moh. Ali Mahrus