INDONESIAONLINE – Pendakwah tanah air, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan keutamaan puasa di bulan Rajab yang akan jatuh pada Senin, 23 Januari 2023.

Menurut Ustaz Adi Hidayat melansir YouTubenya, bulan Rajab adalah pelatihan awal sebelum memasuki puncak peribadatan, yakni Ramadhan. Bulan ini spesial, momentum terbaik untuk meninggalkan hal-hal yang buruk. 

Singkatnya, kata Ustaz Adi Hidayat, (bulan) Rajab adalah pembukanya, Sya’ban adalah penguatnya, sementara Ramadhan adalah hakikat perjuangan untuk melakukan ibadah. 

Termasuk bagi muslim yang perbanyak meningkatkan amalan berpuasa di bulan Rajab. Kata Ustaz Adi Hidayat, puasa memiliki hikmah meningkatkan ketaqwaan, meningkatkan ibadah, sekaligus saat puasa bisa berlatih mencegah hal yang dilarang oleh Allah. 

Meskipun ada temuan hadist palsu dan lemah tentang keutamaan bulan Rajab, namun bukan berarti amalan yang bisa dikerjakan itu terlarang. Oleh karenanya, silakan menjalankan amalan di bulan Rajab karena pahalanya akan berlipat ganda di bulan spesial ini. 

Sementara itu, berikut ini keutamaan-keutamaan puasa 10 hari di bulan rajab menurut Pengasuh LPD Al-Bahjah, Buya Yahya. 

Baca Juga  Ada Dalilnya, Jangan Bersikap Buruk dan Menyakiti Perempuan

1. Puasa sunnah 1 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang menjalankan puasa sehari di bulan Rajab murni karena Allah tanpa ada niat lainnya, maka akan selalu mendapat ridho agung Allah dan dijanjikan tempat surga Firdaus.

2. Puasa sunnah 2 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang melaksanakan puasa di bulan Rajab selama 2 hari, akan mendapatkan pahala dua kali hitungan semua gunung di dunia.

3. Puasa sunnah 3 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang menjalankan puasa sunnah di bulan Rajab selama 3 hari, akan mendapat pahala penghalang neraka.

4. Puasa sunnah 4 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 4 hari, maka akan mendapatkan pahala diselamatkan dari segala bala’ yang menimpa serta diselamatkan dari fitnah Dajjal.

5. Puasa sunnah 5 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 5 hari, maka akan mendapat ganjaran selamat dari siksa kubur.

Baca Juga  Ingin Kuku Terlihat Sehat dan Bersih, Cukup Lakukan dengan 2 Kutek Warna Ini

6. Puasa sunnah 6 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 6 hari, akan mendapat jaminan wajahnya bersinar saat keluar dari kubur sebagaimana sinar rembulan tanggal empat belas.

7. Puasa sunnah 7 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 7 hari, maka akan mendapat pahala tertutupnya tujuh pintu neraka.

8. Puasa sunnah 8 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 8 hari, maka keutamaannya adalah dibukakan 8 pintu surga.

9. Puasa sunnah 9 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama sembilan hari, maka keutamaannya adalah bangun dari kubur dan memanggil kalimat ‘La ilaaha illallah’ dan langsung masuk surga.

10. Puasa sunnah 10 hari di bulan Rajab

Umat muslim yang berpuasa sunnah selama 10 hari di bulan Rajab, maka akan mendapat pahala jalan mulus menuju shiratal mustaqim.