INDONESIAONLINE – Suhu yang akhir-akhir ini semakin dingin dapat membuat imunitas menjadi turun. Jika imunitas turun, tentu seseorang akan mudah terserang penyakit. Menjaga imunitas penting dilakukan dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan. Sayangnya beberapa makanan yang dikonsumsi justru bisa menurunkan imunitas tubuh.

Pendakwah sekaligus dokter dr. Zaidul Akbar menjelaskan, ada beberapa makanan justru membuat imunitas jadi turun. Yakni daging-daging olahan. “Kita sebutnya ultra process food. Contohnya apa? sosis, burger, asalnya dari daging kemudian diolah-olah itu bisa menurunkan imunitas,” ungkap dr. Zaidul Akbar.

Makanan lainnya yang bisa menyebabkan imun turun adalah gula pasir. Banyaknya permasalah pada kesehatan lantaran adanya lonjakan gula pada tubuh. “Kemudian karbo olahan, termasuk gula pasir. Akar dari banyak masalah akibat terjadinya itu lonjakan gula,” imbuh dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga  Sinergitas Pemdes dan Puskesmas Banjarejo Kunci Sukses Imunisasi Anak Nasional, Capaian hingga 80 Persen

Karena itu, jika ingin kondisi tubuh tetap stabil agar menghindari adanya kenainkan gula darah. Sebab gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan peradangan di seluruh tubuh.

Hal tersebut berkaitan dengan proses distribusi darah ke dalam sel dan insulin yang telah bermasalah. Karena darah sudah penuh gula sehingga tidak bisa dimasukkan ke dalam sel akibat insulinnya bermasalah.

“Sehingga tubuh akan menjadi lemas dan tidak ada tenaga. Jadi lebih baik turunkan kadar gula yang kita konsumsi,” tambah dr. Zaidul Akbar.

Salah satunya dengan mengurangi tepung dan turunannya. Meski demikian, dr. Zaidul Akbsr menyadari untuk menghentikan tepung, gorengan, dan gula tidaklah mudah.

Karena itu sebelum mengkonsumsi makanan lebih baik minum minuman yang bisa berfermentasi. Misalnya cuka apel, cuka madu, atau probiotik. Minuman ini sangat baik untuk menghambat kadar glukosa naik terlalu tinggi dan sekaligus menguatkan sistem imun tubuh. Tetapi jika hobi memakan roti, agar tidak terjadi lonjakan gula darah maka bisa menambahkan butter. Sebab butter berasal dari lemak dari hewan.

Baca Juga  Pemkot Kediri Gencarkan Kampanye Cegah Stunting