Varian Omicron (Foto: Friedrich-Alexander-Universität Erlangen-Nürnberg)

JATIMTIMES Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia saat ini semakin meningkat. Dalam hal ini, kita tentu wajib untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus tersebut. 

dr. Zaidul Akbar kali ini membagikan  tips untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh saat sedang menghadapi virus Omicron seperti saat ini. Oleh sebab itu, agar daya tahan tubuh tetap terjaga dr. Zaidul Akbar membagikan cara agar tetap bisa vit ditengah wabah dan virus saat ini. 

Tips untuk menjaga kondisi di tengah wabah dan virus Omicron menurut dr. Zaidul Akbar ada beberapa langkah, yang pertama yaitu sering berjemur seperti yang dilansir melalui kanal Youtube dr. Zaidul Akbar Official pada Senin (7/2/2022). 

Baca Juga  Punya Potensi Lawan Kanker, Sea Grapes Diteliti Akademisi UB

Langkah yang kedua menurut dr. Zaidul Akbar yakni jangan sampai tertinggal untuk mengkonsumsi madu, kurma dan habbatussauda. Selanjutnya yang ketiga untuk membuang lendir sering konsumsi jahe, serai dan lengkuas.

Keempat dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan atau minuman fermentasi atau yang sering disebut dengan probiotik.

Jenis-jenis makanan dan minuman probiotik banyak dijumpai disekitar kita, seperti seperti tape, tempe, kefir, yogurt, kimchi dan masih banyak yang lainnya. “Nasi putihnya stop atau dikurangi lah karena itu nguras oksigen,” ujar dr. Zaidul Akbar.

Selain nasi, makanan yang mengandung minyak lebih baik hindari, karena bisa menyebabkan adanya lendir. Kemudian dr. Zaidul Akbar juga menyarankan agar menghindari makanan berbahan dasar tepung dan kurangi mengkonsumsi gula. “Konsumsi sayuran dan buah-buahan, karena makanan tersebut merupakan makanan untuk bakteri dalam tubuh manusia,” ujar dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga  Tak Mau Kena Maag? Simak Penjelasan Tentang Gejala Hingga Solusinya dari Dokter RSI Unisma



Desi Kris