Kembangkan Prodi Sosiologi Agama, UKSW Gandeng UIN Maliki Malang

Sambutan UIN Maliki Malang atas kedatangan UKSW Salatiga dalam rencana kerjasama pengembangan Prodi Sosiologi Agama

INDONESIAONLINE – Banyaknya instansi maupun perguruan tinggi yang menggandeng Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang dalam berbagai pengembangan pendidikan menjadi bukti kampus Ulul Albab ini adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik.

Terbaru, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga mengandeng UIN Maliki Malang dalam upaya pengembangan Program Studi (Prodi) baru Sosiologi Agama.

Di agenda tersebut, delegasi UKSW Pdt Izak Lattu PhD yang Dekan Fakultas Teologi disambut Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Hj Umi Sumbulah, MAg, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. A. Fatah Yasin MAg dan juga Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan Dr H Isroqunnajah MAg serta para dekan.

Dalam sambutan Prof Umi, sapaan akrab Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan sejarah singkat dan potensi UIN Maliki Malang.

“UIN Malang terus berupaya untuk mengembangkan studi Islam dan kearifan lokal yang selaras dan harmonis. Untuk itu, UIN Maliki Malang sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik negeri maupun swasta,” ucapnya.

Hal ini juga menjadi penekanan dari Kementerian Agama agar kampus terbuka dalam menjalin kerja sama untuk menguatkan moderasi beragama yang menjadi prioritas pemerintah.

“Jadi ini sangat relevan untuk menjalin kerjasama dengan lintas agama. Tinggal menyesuaikan saja bentuk kerjasamanya yang sesuai dengan Tridharma perguruan tinggi,” ujarnya.

Di kesempatan sama, Dr H Isroqunnajah menambahkan, meskipun ada perbedaan, namun UIN Maliki Malang bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) telah mengelola perbedaan antar lintas agama sehingga dapat terwujud harmonisasi yang baik. Untuk itu, momen kedatangan UKSW untuk menjalin kerjasama dengan UIN Maliki Malang ini harus ditindaklanjuti dengan sungguh-sungguh.

Menurut Gus Is, sapaan akrabnya, bahwa kerjasama yang terjalin dapat diwujudkan dengan membuat sebuah kegiatan yang dapat dilihat secara global. Multikulturalisme yang ada di Indonesia ini harus ditunjukkan penuh keharmonisan, toleransi dan penuh kedamaian.

“Setidaknya kerjasama ini harus ditindaklanjuti dengan kegiatan yang strategis,” ucapnya.

Sementara itu, Pdt Izak Lattu PhD Dekan Fakultas Teologi UKSW, menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat yang diberikan sivitas UIN Maliki Malang. Selain bersilaturahmi, kehadiran UKSW juga untuk menjalin kerjasama dengan kampus PTKIN terbaik di Malang ini.

Relasi lintas agama di UKSW terus dikembangkan melalui pembukaan Prodi Sosiologi Agama, sehingga dengan adanya prodi baru tersebut bisa dilakukan berbagai macam langkah strategis untuk pengembangan. Kerjasama yang terjalin akan memudahkan para dosen atau mahasiswa UKSW dalam kolaborasi riset dengan UIN Maliki Malang.

“Kami terbuka sekali untuk menjalin relasi dan riset bersama. Oleh sebab itu, Saya berharap rencana kerjasama ini bisa dilakukan khususnya untuk tridharma perguruan tinggi,” pungkasnya (as/dnv).

kerjasama perguruan tinggiUIN Maliki Malanguniversitas kristen satya wacana