INDONESIAONLINE – Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana memberangkatkan ratusan pemudik dalam program Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang 2024, Kamis (18/4/2024). Ratusan pemudik yang diberangkatkan dari Polres Malang tersebut, didominasi oleh para pemudik yang menuju rute Jakarta dan sekitarnya.

“Total 180 peserta yang diberangkatkan ke dua tujuan, 175 pemudik menuju Jakarta dan sekitarnya sedangkan 5 pemudik menuju Banyuwangi,” ungkap Kholis.

Program Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang tersebut, dijelaskan Kholis, merupakan tindak lanjut perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat kembali ke perantauan paska mudik Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah 2024. “Alhamdulillah hari ini para peserta Mudik Gratis bisa kami berangkatkan dari Polres Malang menggunakan empat armada,” imbuhnya.

Sebanyak empat unit tersebut, tiga unit diantaranya merupakan armada bus. Sedangkan satu armada lainnya merupakan kendaraan mobil minivan. “Tiga armada bus menuju Jakarta, sedangkan satu armada travel berangkat menuju Banyuwangi,” jelas Kholis.

Baca Juga  Siap-siap Atur Jadwal Liburan, Inilah Daftar Tanggal Merah Bulan Maret 2023

Seluruh armada balik mudik gratis nantinya akan mendapatkan pengawalan khusus. Hal itu dilakukan guna memastikan perjalanan lancar dan aman bagi seluruh penumpang.

Sementara itu, selain memfasilitasi armada transportasi, lanjut Kholis, dalam program Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang 2024 juga disediakan konsumsi. “Setiap peserta termasuk anak-anak yang turut serta dalam program balik mudik juga mendapatkan snack, uang saku, dan makanan,” tuturnya.

Sebagaimana diberitakan, masyarakat yang mengikuti program Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang 2024 ini telah mendaftar di Polres Malang sejak dua minggu lalu. Pendaftaran di buka melalui contact person yang telah dicantumkan melalui media sosial resmi Polres Malang.

Program Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang 2024 ini melayani tiga rute. Yaitu meliputi jurusan Malang – Jakarta, Malang – Ngawi, dan Malang – Banyuwangi. Namun karena kurang diminati, kuota untuk rute menuju Ngawi akhirnya dialihkan ke Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga  Marak Penipuan Badal Haji, Kenali Modusnya!

“Selain melalui media sosial, pendaftaran juga kami sampaikan melalui Polsek Jajaran dan Bhabinkamtibmas. Mayoritas warga menyampaikan ingin balik mudik pada hari ini,” jelas Kholis.

Melihat tingginya animo masyarakat, Kholis berharap program Balik Mudik Gratis Lebaran Polres Malang 2024 akan terus dilaksanakan pada setiap tahunnya. Terkait kuotanya, nantinya akan disesuaikan dengan antusias dan kebutuhan pemudik.

“Tahun lalu sudah dilaksanakan, tahun ini kita laksanakan kembali. Tahun depan apabila masyarakat menghendaki akan kita laksanakan kembali,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pemudik, Syah Mukya Efendi (33) mengapresiasi program Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang 2024 yang diselenggarakan Polres Malang. “Lebaran ini merupakan tahun kedua kami mudik, program ini sangat membantu dan memudahkan kami untuk balik ke Jakarta. Terima kasih kepada Polres Malang atas program bus gratisnya,” pungkasnya. (haq/yak)