Mewujudkan Kampus Unggul Bereputasi Internasional, UIN Malang Gelar Sharing Session AUPK

Sharing session bidang AUPK digelar UIN Malang. (foto: uin malang)

INDONESIAONLINE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang mengadakan sharing session bidang administrasi, umum, perencanaan, dan keuangan (AUPK). Sharing session yang digelar Senin sampai Jumat (15-19/1/2024) itu dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang AUPK Prof Dr Hj Ilfi Nurdiana.

Sharing session berfokus pada berbagai rencana strategis universitas untuk mencapai visi menjadi lembaga pendidikan Islam yang unggul dan berprestasi di tingkat internasional.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memperkuat sinergi antara berbagai unit di kampus dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih efisien dan transparan untuk mengantarkan UIN Malang menuju kampus unggul bereputasi internasional,” ujar Prof Ilfi.

Lebih dari itu, sejumlah langkah konkret dalam mencapai reputasi internasional telah disusun. Rencana strategis yang komprehensif dan peningkatan teknologi menandai komitmen UIN Maliki Malang untuk memajukan keunggulan akademis dan mendapatkan pengakuan internasional.

Rencana yang tersusun menitikberatkan pada keunggulan sistem pendidikan, kualitas tenaga pendidik, peningkatan partisipasi mahasiswa, standar mutu pendidikan yang ditingkatkan, peningkatan daya saing lulusan, dan pemanfaatan riset yang signifikan.

Selain itu, untuk terus mendorong dalam upaya visi “Unggul Bereputasi Internasional”, UIN Maliki Malang terus berupaya untuk meningkatkan akreditasi, sertifikasi, membuka kelas internasional, double degree, melakukan pertukaran mahasiswa, dan terus mendorong dalam pencapaian akademik yang lebih baik.

Dari berbagai rencana strategis yang ada, kemudian ditetapkan prioritas yang akan menjadi fokus dalam upaya memajukan kampus. Prioritas yang ditetapkan pada  akreditasi, publikasi nasional, penjaminan mutu pendidikan dan lulusan, tata kelola organisasi, dan internasionalisasi.

Dalam upaya itu, sejumlah sarana dan prasarana pendukung akan ditingkatkan, khususnya pada layanan teknologi informasi. Sebanyak 200 perangkat akses poin lama akan diganti dengan unit baru yang tentunya memiliki konektivitas internet yang aman dan andal.

Di samping itu, untuk kian memberikan layanan yang prima, UIN Maliki Malang juga akan mengembangkan aplikasi penelitian dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi, pengaduan berbasis web dan WhatsApp, aplikasi layanan pengadaan barang dan jasa, aplikasi layanan poliklinik maupun dashboard webservice untuk pelaporan BIOS.

Lebih dari itu, untuk semakin meningkatkan kualitas akademik, sarana dan prasarana pendukung bagi mahasiswa, dosen maupun staf diupayakan semaksimal mungkin. Misalnya implementasi Google Workspace berlisensi dan web hosting yang andal menggunakan teknologi PLESK.

Peningkatan teknologi juga menjadi komitmen UIN Maliki Malang untuk terus maju, termasuk juga dalam meraih pemeringkatan yang baik dalam Webometrics.

Kemajuan teknologi ini sejalan dengan dedikasi universitas untuk meraih peringkat tinggi dalam webometrics dan manajemen situs web yang efisien.

Kemudian dari sisi perlindungan data, UIN Maliki Malang juga telah memikirkan dengan matang. Pada pusat data, perlindungan dilakukan dengan pemasangan sistem pemadam api otomatis berbasis gas FM200.

Berrbagai upaya peningkatan teknologi yang ada juga menunjukkan dalam manajemen web maupun dalam berbagai bidang lain, UIN Maliki Malang sangatlah profesional. (as/hel)

kampus bereputasi internasionalkampus unggulsharing session AUPKuin malangUIN Maulana Malik Ibrahim