JATIMTIMES – Setiap perempuan tentunya menginginkan keluarga harmonis dan juga suami yang selalu setia mencintainya. Sehingga terbangun keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Dengan keharmonisan maka kasih sayang dan nikmat Allah akan hadir ditengah keluarga.

Dalam Al-Qur’an Surat Ar Ruum ayat 21 dijelaskan bahwa anjuran untuk membangun sebuah keluarga yang harmonis agar tercipta ketenteraman. “Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Salah satu upaya kaum Muslim yang bisa dilakukan adalah, berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar sang suami tetap setia sehingga terwujud keluarga harmonis. Lantas, apa saja doa-doa yang bisa diamalkan agar hubungan dengan suami tetap harmonis didalam keluarga?

Dilansir dari DetikHikmah, terdapat 5 doa yang dapat diamalkan agar keluarga tetap harmonis. 

Baca Juga  Inilah Golongan yang Akan Dinaungi Allah di Hari Kiamat, Kamu Termasuk?

Yang pertama adalah doa agar sang suami tetap mengingat istri. Berikut bunyi doanya, “Wa minan-naasi may yattakhizu min dunilllaahi andaday yuhibbunahum kahubbillaah, wallaziina aamanuu asyaddu hubbal illaahi walau yarallaziina zalamuu iz yaraunal ‘azaaba annal quwwata illaahi jamii’aw wa annallaaha syadiidul ‘azaab”.

Doa tersebut memiliki arti, “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah SWT, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).”

Berikutnya adalah doa agar suami sayang istri. Doa tersebut berbunyi, “Allohummaj’alnii mahbuuban ‘inda zuaji birohmatika yaa arhamar roohimin”. 

Makna dari doa tersebut, “Ya Allah, jadikanlah hamba orang yang dicintai oleh suami, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang di antara para penyayang”.

Baca Juga  Simak Nih, Begini Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet

Kemudian, doa agar suami tidak berselingkuh. Berikut buntui doanya, “Fa innaloha kaana bimaa ta’maluuna khobiiro,”. Artinya: “Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala yang kalian kerjakan”.

Selanjutnya, doa agar suami selalu setia. Doanya berbunyi sebagai berikut, “Rabbana aamannaa bimaa anzalta wat taba’nar rasuula faktubnaa ma’asy syaahidiin”. 

Kalimat doa tersebut memiliki arti, “Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan kami telah mengikuti Rasul. Karena itu, masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi”.

Dan doa yang terakhir agar suami tetap harmonis. Doanya sebagai berikut, “Allaahu ya’alamu maa tahmilu kulla syai-in untsaa wa maa taghiidhul aruaamu wa maa tazdaad. Wa kullu syai-in ‘indahu bimiqdaar”.

Doa ini memiliki arti, “Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan, segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya”.