Dindik Ngawi Gelar Bimtek Tata Naskah Dinas

INDONESIAONLINE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi menggelar bimbingan teknis tata naskah kepada perwakilan SMP dan korwil pendidikan selama tujuh hari, mulai 10 hingga 16 Agustus. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi Sumarsono menyampaikan bimtek yang dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan persepsi pandangan tentang penyusunan tata naskah kedinasan yang benar.

“Agar dalam membuat tata naskah dinas, mempunyai pandangan yang sama sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Bupati  Ngawi Nomor 125 Tahun 2011 tentang tata naskah dinas,” terang Sumarsono.

Lebih lanjut, Sumarsono menjelaskan dalam bimtek kali ini mendatangkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi. 

“Pemahaman teknis tata naskah sangat penting, baik tata cara pengelolaan naskah maupun kearsipan. Ke depan tata naskah merupakan pedoman bagi instansi untuk mengelola naskah kedinasan. Terlebih surat-menyurat dan penataan arsip guna memudahkan sebagai petunjuk,” jelasnya. 

Harapannya, semua peserta bisa menyerap ilmu yang disampaikan narasumber mulai dari penulisan kemudian norma-norma yang ada. Kemudian cara pembuatan surat kemudian bisa diaplikasikan.

Tata naskah dinas merupakan pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan penyimpanan tata naskah dinas. media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan.

“Total keseluruhan peserta teknis tata naskah lebih dari 700 orang. Pentingnya tata naskah karena merupakan bentuk dokumen,”  tutupnya.

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…