Polres Situbondo Tingkatkan Pengamanan Laut Jelang Operasi Puri Agung 2024

INDONESIAONLINE – Menjelang Operasi Puri Agung 2024 untuk pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali, Polres Situbondo meningkatkan kegiatan pengamanan, khususnya di pelabuhan-pelabuhan seperti Kalbut di Kecamatan Mangaran dan Jangkar.

Peningkatan pengamanan ini dilakukan atas perintah Direktorat Polairud Polda Jatim dan difokuskan pada jalur transportasi laut di pelabuhan-pelabuhan Situbondo yang diprediksi akan ramai dikunjungi oleh orang dan barang menuju Bali.

Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, melalui Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa, menjelaskan bahwa Pelabuhan Kalbut merupakan pelabuhan rakyat yang sering digunakan untuk lalu lintas barang dari Madura ke Situbondo dan sebaliknya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengawasan terhadap angkutan dan barang yang dikirim.

“Sedangkan untuk Pelabuhan Jangkar, terdapat jalur dari Madura ke Situbondo dan juga penumpang yang akan menuju Bali melalui Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, serta jalur dari Jangkar menuju Lembar Nusa Tenggara Barat. Hal ini membutuhkan pengawasan terhadap orang dan barang yang berpotensi mengganggu Kamtibmas,” jelas AKP Gede.

Lebih lanjut, AKP Gede mengungkapkan bahwa Satpolairud Polres Situbondo selalu siap siaga untuk melakukan pengamanan di Pelabuhan Kalbut Mangaran dan Pelabuhan Jangkar, serta berkoordinasi dengan Polresta Banyuwangi.

AKP Gede juga berharap agar masyarakat mendukung kelancaran World Water Forum ke-10 di Bali yang akan berlangsung dari 17 hingga 26 Mei 2024.

“Semoga event internasional World Water Forum ke-10 berjalan lancar dan sukses, membawa nama baik Indonesia di dunia internasional,” tutupnya (wbs/dnv).