INDONESIAONLINE –  Polresta Banyuwangi memberikan program pelatihan peningkatan kemampuan problem solving bagi ratusan personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Program pelatihan tersebut diberikan langsung oleh Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan di Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi.

Tercatat 195 personel Bhabinkamtibmas yang mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan itu untuk meningkatkan kemampuan dan peran Bhabinkamtibmas di seluruh wilayah Banyuwangi.

Ratusan personel yang mengikuti program pelatihan  merupakan personel dari Polsek jajaran. Mereka juga diminta untuk bertarung dalam mengabdi kepada masyarakat.

 ”Peran Bhabinkamtibmas ini merupakan petarung yang harus siap mengabdi kepada masyarakat, menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakatnya,” ujar Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Baca Juga  Bocah SD di Banyuwangi Gantung Diri karena Dibully, Dispendik: Tidak Ada Perundungan di Sekolah

AKBP Dewa menuturkan, peran Bhabinkamtibmas memang harus mampu melakukan deteksi dini dan problem solving. Dengan dua hal itu, tentunya Banyuwangi yang aman dan kondusif bisa terjaga dan berkelanjutan karena peran seluruh Bhabinkamtibmas.

”Kuncinya Bhabinkamtibmas harus bisa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Ngobrol dan berilah sesuatu masukan kepada masyarakat,” tambahnya.

Bukan hanya itu, lanjut Wakapolrseta Banyuwangi, para Bhabinkamtibmas juga bisa membantu penyelesaian suatu masalah. Semakin sering bertemu masyarakat, semakin dekat dan kepercayaan masyarakat kepada Polri semakin tinggi.

 ”Ketika kepercayaan masyarakat semakin tinggi, maka semakin mudah dalam menyerap informasi. Sehingga, para personel semakin mudah dalam pemecahan masalah deteksi dini dan pemecahan masalah,” ungkapnya.

Baca Juga  Pasca Rakor, Komisi III DPRD Banyuwangi Yakin Target PAD 2023 Terealisasi

Dari dua tugas utama Bhabinkamtibmas itulah,  memang perlu adanya peningkatan kemampuan para personel. Bukan hanya bisa memberikan masukan saja, melainkan juga harus bisa mendekatkan diri dan menyelesaikan masalah yang ada di lingkungannya, imbuh Wakapolresta.

”Dengan peningkatan kemampuan tersebut, tentunya Bhabinkamtibmas bisa selalu membantu masyarakat dalam menghadapi masalah apapun. Sehingga, masyarakat juga ikut membantu dan menjaga peran Bhabinkamtibmas di lingkungan,” pungkasnya