UIN Maliki Malang Beri Cuti Lebaran Terpanjang dibanding Kampus Lain

Kampus 1 UIN Maliki Malang di Jalan Gajayana.

INDONESIAONLINE – Suasana sejumlah kampus di Malang Raya belum terlihat berbeda dagi biasanya dua minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Lalu lalang mahasiswa masih terlihat ramai. Khususnya di kampus negeri seperti Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM) maupun Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang.

Pemandangan serupa juga terlihat di beberapa kampus swasta di Malang. Antara lain Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) maupun Universitas Merdeka Malang (Unmer).

Hasil penelusuran media ini,  beberapa  kampus memang belum menetapkan jadwal libur Lebaran yang pasti kepada para mahasiswanya.  Hanya beberapa kampus negeri yang sudah mengeluarkan surat edaran khusus cuti Lebaran tahun ini.

Salah satu faktornya, para pimpinan kampus informasinya menunggu jadwal resmi cuti bersama yang ditetapkan pemerintah.

Benar saja. Ada perubahan jadwal cuti Lebaran yang ditetapkan pemerintah. Yakni dari sebelumnya pada 21-26 April 2023 menjadi 19-25 April 2023.

Perubahan kebijakan cuti Lebaran tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB).

Mengacu pada surat edaran tersebut, masing-masing kampus baru mulai menetapkan jadwal libur Lebaran meskipun sejumlah kampus belum mengeluarkan surat edaran resmi.

Sesama kampus negeri saja punya kebijakan sendiri atau tidak sama dengan kebijakan pemerintah. Contohnya, Kampus UIN Maliki Malang yang menetapkan jadwal cuti Lebaran relatif paling lama dibandingkan kampus  lain.

Tak tanggung-tanggung, kampus Islam negeri satu-satunya di Malang itu menetapkan jadwal cuti Lebaran selama 17 hari terhitung mulai  17 April-3 Mei 2023.

“Kebijakan libur Lebaran tersebut sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Pak Rektor. Bahkan, ada beberapa dosen sudah meliburkan mahasiswanya dari tanggal 15 April karena tidak ada lagi jadwal perkuliahan,”  jelas M. Fatkhul Ulum S.PdI, kabag humas UIN Maliki Malang.

Kuliah aktif pasca-Lebaran di UIN Maliki  Malang, lanjut Ulum, dijadwalkan pada 3 Mei 2023. Namun, praktiknya sejumlah fakultas terkadang memulai jadwal kuliahnya pada 5 Mei 2023.

Sementara, UM dan UB menetapkan jadwal cuti Lebaran selama 8 hari, mulai 19-26 April 2023 atau hanya selisih satu hari dari jadwal yang ditetapkan pemerintah pusat.

Yang menarik, Unmer Malang justru menetapkan liburan Lebaran paling singkat dibandingkan kampus swasta maupun negeri lain di Malang.

Unmer menetapkan libur Lebaran hanya 6 hari, mulai 21-26 April 2023. “Tahun sebelumnya juga hanya 6 hari cuti Lebaran. Teman-teman mahasiswa di sini sudah terbiasa dengan kebijakan kampus yang menetapkan cuti Lebaran paling pendek di antara kampus yang lain,” ujar Rizky, salah seorang mahasiswa Unmer.

Sementara, UMM dan Unisma juga belum menetapkan jadwal yang pasti. Yang beredar di kalangan mahasiswa maupun para dosen hanya kabar tak pasti.

Di UMM misalnya beredar informasi di kalangan mahasiswa dan dosen akan libur pada 15 April-3 Mei. Ada juga yang menyebutkan bahwa UMM akan meliburkan mahasiswanya saat Lebaran mulai 17 April-1 Mei 2023.

Sementara,  Unisma mengaku terlambat mengeluarkan surat edaran libur Lebaran karena unsur pimpinan kampus sedang ada agenda ke luar negeri.  “Cuti Lebaran di Unisma akan ditetapkan setelah para pimpinan kami pulang dari luar negeri,” kata Dr Dwi Fitri Wiyono, bagian humas Unisma Malang.  (tim IO/hel)

cuti Lebaranuin malangUIN Maliki Malang