Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari

JATIMTIMES – Lonjakan kasus covid-19 secara nasional telah tampak sejak minggu ke-3 Januari 2022. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  Rabu (2/2) lalu menyebut bahwa Indonesia telah resmi masuk gelombang tiga covid-19. 

Berdasarkan data Kemenkes RI per 3 Februari 2022, tercatat 17.895 kasus baru terdeteksi secara nasional. Laporan kenaikan kasus terbanyak dicatatkan oleh DKI Jakarta, yakni  10.117 kasus. Lalu Jawa Barat dengan 7.308 kasus baru, Banten 4.312 kasus baru, Bali 1.501 kasus baru, dan Jawa Timur tercatat 1.394 kasus baru.

Dengan adanya kenaikan secara signifikan ini, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengaku sudah waspada akan penyebaran kembali covid-19 di Bumi Majapahit daerah perkotaan.

“Perlu diketahui juga booster atau vaksin ketiga sudah dilaksanakan masif di Kota Mojokerto. Lansia capaiannya sudah di atas 70 persen, anak-anak 100 persen, dan dewasa sudah seratus persen,” ujarnya.

Baca Juga  Keren, Singkong Diubah Jadi Plastik Ramah Lingkungan

Menurut wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini, artinya benteng pertama sudah terbentuk. Dan herd immunnity (kekebalan komunal) sudah terbentuk di Kota Mojokerto.

“Namun kita senantiasa mengingatkan. Saya turun tak pernah lupa imbau penggunaan masker dan prokes,” tandasnya.

Ning Ita menjelaskan, dirinya selalu ke mana-mana membawa paket hidup sehat. Ada masker, sabun, dan hand sanitizer yang selalu dibagikan kepada masyarakat.

“Ini akan saya lakukan terus. Sehingga akan jadi budaya dan tak perlu diingatkan lagi. Jadi pembiasaan atau budaya hidup sehat,” imbuhnya.



Abdullah M