Olahraga

Venue Porprov IX/2025 di Malang Raya Siap, Catatan Perbaikan Diberikan KONI Jatim

11
×

Venue Porprov IX/2025 di Malang Raya Siap, Catatan Perbaikan Diberikan KONI Jatim

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Kabar gembira datang dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim). Venue untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX/2025 di Malang Raya dinyatakan siap. Kesiapan ini didapat setelah KONI Jatim melakukan peninjauan langsung ke Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kota Malang, selaku calon tuan rumah, pada 19-21 April 2024.

Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil, mengungkapkan bahwa ketiga daerah tersebut memiliki banyak lapangan pertandingan yang memadai untuk gelaran Porprov. Meskipun demikian, Nabil menuturkan bahwa masih ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki untuk memaksimalkan kesiapan venue.

“Semua sudah bagus, hanya masih perlu penataan ulang seperti pengecatan, mengganti plafon yang sifatnya mempercantik,” ungkap Nabil.

“Kemudian menambah kamar mandi portable yang kamar mandinya kurang. Secara teknis tidak ada masalah. Masih ada waktu sekitar satu tahun, saya yakin semua nanti bisa diperbaiki,” sambungnya.

Meskipun ada beberapa catatan, Nabil optimistis bahwa kekurangan tersebut dapat diatasi dalam waktu satu tahun. Ke depan, KONI Jatim akan melakukan pendalaman terkait hasil survei dan memaparkannya dalam Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Jatim 2024.

Baca  Laga Persahabatan, Tim Voli Indonesia All Star Bakal Hadapi Red Sparks Korsel

“Meskipun sudah mencukupi tetap nanti akan ada pembagian penyelenggaraan pertandingan cabor untuk ketiga daerah agar merata, dan siapa yang paling siap dan layak menjadi tempat penyelenggaraan,” imbuhnya.

Porprov IX/2025 Jatim rencananya akan digelar pada Juni atau Juli 2025. Dengan melakukan pengecekan venue dan kesiapan sejak awal, diharapkan KONI dan pemerintah di Malang Raya dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi.

Selain fasilitas lapangan yang memadai, KONI Jatim juga memastikan bahwa seluruh fasilitas pendukung Porprov IX/2025 tersedia, mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi, hingga rumah sakit.

Nabil menekankan pentingnya keberadaan rumah sakit yang dekat dengan venue, terutama untuk cabor combat, untuk dapat memberikan penanganan cepat kepada atlet yang mengalami cedera parah. Hal ini merupakan antisipasi dari kejadian meninggalnya atlet Tinju saat pertandingan pada Porprov VIII/2023 lalu.

“Kami sudah meminta kepada masing-masing daerah untuk menyiapkan setiap venues, khususnya cabor combat ada mobil ambulance dan tenaga kesehatan,” tuturnya.

Dengan kesiapan venue dan fasilitas pendukung yang matang, Nabil berharap Porprov IX/2025 dapat berjalan aman, lancar, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar (mca/dnv).