Penerima BLT DD sebesar 300 ribu rupiah per KPM untuk bulnah Januari dan Februari/ Foto: Istimewa/ Tulungagung Times

JATIMTIMES – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Desa Jatimulyo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung cair. BLT DD tersebut diperuntukkan bagi 103 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pencairan sendiri dilakukan di kantor Desa Jatimulyo, Jum’at (4/2/2022).

Kepala Desa Jatimulyo Sugiyono menyatakan, pencairan BLT Dana Desa ini sesuatu Peraturan Presiden (Pepres) 104/2021 tentang Rincian APBN tahun anggaran 2022 salah satunya mengatur fokus penggunaan dana desa. 

 

“Karena masih refocusing warga desa terdampak pandemi Covid-19 membutuhkan jaring pengaman sosial. Salah satunya dalam bentuk BLT Dana Desa ini,” kata Sugiyono.

Untuk dampak pandemi Covid-19 tahun 2022 ini, sesuai aturan penggunaan Dana Desa 40 persennya dialokasinya dalam bentuk BLT. “Hari ini pencairin untuk bulan Januari dan Februari,” ujarnya.

Baca Juga  Pecut Samandiman Jadi Hak Kekayaan Intelektual Kota Kediri

Penggunaan dana desa, yakni 40 persen untuk BLT ini, lanjut Sugiono, difokuskan pada penyelesaian kemiskinan di desa yang mengalami peningkatan karena Covid-19. Dirinya juga berharap agar bantuan pemerintah ini selain telah tepat sasaran juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga bisa bermanfaat dan covid-19 cepat hilang di muka bumi ini, juga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya,” ungkapnya.

 

Seperti diketahui, dari total Dana Desa yang diterima masing-masing pemdes, alokasinya 40 persen untuk BLT. Selebihnya, 20 persen untuk program ketahanan pangan, 8 persen untuk penanganan Covid-19 dan sisanya dapat dimanfaatkan untuk sektor prioritas lainnya sesuai dengan Permendesa PDTT 7/2021.



Anang Basso