Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang Mustajib (foto: Teguh Eko Januari/JatimTimes)

JATIMTIMES – Kamis (2/12/2021) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Lumajang digelar serentak di 32 desa yang tersebar di 15 kecamatan. Dari 102 kontestan calon kepala desa ada 16 orang yang merupakan calon petahana (incumben). Banyaknya  petahana tersebut  menjadi tantangan sendiri bagi calon kades baru. 

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang Mustajib menuturkan, pilkades serentak kali ini juga diikuti oleh calon perempuan sebanyak 13 orang.  

“Saat ini masih proses penghitungan suara. Para calon masih harap-harap cemas terutama bagi calon incumben,” ujarnya.

Mustajib menjelaskan bahwa 16 orang calon petahana tersebut sudah mendapat rekomendasi dari Inspektorat setelah melewati seleksi berkas dan  melewati prosedur ketat.

Baca Juga  Beri Arahan di Musrenbang 2024, Wali Kota Kediri Tekankan Tujuh Prioritas Pembangunan

“Para petahana ini  harus menyelesaikan laporan akhir masa jabatan atau kades terlebih dahulu, baru  kemudian mendapat surat rekomendasi dari Inspektorat  Lumajang sebagai bukti mereka telah menyelesaikan tugasnya dan bebas tanggunggan,” terangnya.  

Hingga berita ini ditulis belum ada pengumumam secara resmi siapa saja yang telah berhasil memperoleh suara terbanyak dan berhak menjabat sebagai kepala desa baru.



Teguh Eko Januari