JATIMTIMES – Salah satu tanda dekatnya hari kiamat adalah turunnya Nabi Isa yang akan menghabisi Dajjal. Lantas, setelah Dajjal berhasil dihabisi, apakah yang akan terjadi? Apakah kiamat akan langsung terjadi?

Diolah dari IslamPos, Nabi Isa merupakan nabi yang diyakini tidak akan mati. Beliau akan diperintah Allah untuk kembali lagi ke bumi untuk menjalankan perintah melenyapkan Dajjal. 

Setelah Nabi Isa memusnahkan Dajjal, maka Allah akan mewafatkan Nabi Isa. Setelah Dajjal dilenyapkan, maka umat manusia akan hidup penuh kedamaian sampai dengan datangnya hari kiamat. 

Kemudian, Allah akan mengirimkan sebuah angin lembut dari arah Syam (Palestina) yang kemudian membuat setiap orang yang beriman wafat.

Baca Juga  Dabbatul Ardh, Pembawa Tongkat Nabi Musa dan Cincin Nabi Sulaiman Menjelang Hari Kiamat

Hadist riwayat Abdullah bin Amr dijelaskan bahwa, usai Djjal binasa, selama 7 tahun manusia akan wafat. Setelahnya, orang-orang yang beriman akan wafat.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Lalu Allah mengutus Isa ibn Maryam seperti Urwah bin Mas’ud, ia mencari Dajjal dan membunuhnya. Setelah itu selama tujuh tahun, manusia tinggal dan tidak ada permusuhan di antara dua orang pun. Kemudian Allah mengirim angin sejuk dari arah Syam lalu tidak tersisa seorang yang di hatinya ada kebaikan atau keimanan seberat biji sawi pun yang tersisa kecuali dia mencabut nyawanya” (HR Muslim nomor 2940).

Setelah semua wafat, Allah kemudian akan menyeru lafaz Allah SWT. Manusia yang tersisa dibumi pun hanya orang-orang kafir dan durhaka. Dalam kehidupannya, kemudian mereka melakukan maksiat. 

Baca Juga  Dengan Pengurus Baru, MWC-NU Lowokwaru akan Kuatkan Gerakan Moralitas

Allah SWT kemudian akan menghancurkan alam semesta dan segalanya. Hal tersebut sesuai dengan hadist riwayat Muslim, “Tiba-tiba saja Allah mengutus angin yang lembut, sehingga (angin tersebut) mengambil (mewafatkan) mereka dari bawah ketiak-ketiak mereka, lalu diambillah setiap ruh mukmin dan muslim, dan yang tersisa hanyalah manusia yang paling durjana. Mereka menggauli wanita-wanita mereka secara terang-terangan bagaikan keledai, maka kepada merekalah Kiamat akan terjadi”.