JATIMTIMESDPRD Kabupaten Trenggalek terima kedatangan kunjungan kerja DPRD Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Muhtarom selaku Sekretaris DPRD Trenggalek. 

“Agenda hari ini kita ada kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ke Trenggalek, mereka bawa dua Alat Kelengkapan Dewan. Yakni badan kehormatan dan Badan Musyawarah,” tutur Muhtarom usai jamu kunker di gedung DPRD Trenggalek, Kamis (20/2022).

Dijelaskan oleh Sekretaris DPRD Trenggalek Muhtarom bahwa kedatangan mereka ke Trenggalek untuk mengadopsi skema evaluasi kinerja Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Sementara DPRD Trenggalek sendiri masih hasil Rapat Paripurna.

“Mereka minta evaluasi kinerja AKD, sedangkan saat ini kita masih menunggu hasil dari rapat paripurna terhadap kinerja DPRD. Jadi hingga sekarang kita masih pada tahap penyusunan dokumen yang diperlukan,” tutur 

Baca Juga  Bupati Sanusi Bekali 3.000 Masker per Kecamatan untuk Operasi Prokes

Ditambahkan Muhtarom, bahwa evaluasi kinerja di DPRD Trenggalek masih dalam tahap penyusunan. Setelah itu diparipurnakan dan hasilnya baru bisa digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki kinerja AKD DPRD Trenggalek.

“Nanti setelah kinerja tersusun baru diparipurnakan dan dari hasil tersebut semestinya ada penyikapan dari masing-masing pimpinan. Setelah muncul penyikapan, tentu akan digunakan acuan dalam memperbaiki kinerja AKD kedepannya,” jelasnya.

Muhtarom juga menambahkan bahwa DPRD Kulonprogo juga sempat menanyakan terkait kemampuan DPRD Kabupaten Trenggalek dalam merealisasikan aspirasi masyarakat pada tahun anggaran sebelum-sebelumnya.

“Tentunya karena kemampuan keuangan masing-masing daerah itu berbeda, ya menyesuaikan dengan daerah tersebut. Kalau di Trenggalek kan karena kemampuan dananya yang cukup minim sehingga tidak semua usulan bisa tercover,” tambahnya.

Baca Juga  Dana Rp 6 Miliar Disalurkan Pemkot Mojokerto ke 202 Kelompok Usaha

Sementara itu rombongan Lajiyo Yok Mulyono selaku Wakil Ketua DPRD Kulonprogo menjelaskan hasil dari kunjungan kerjanya di DPRD Trenggalek nanti akan di adopsi untuk menyamakan persepsi kinerja AKD. 

Terutama referensi kinerja Badan Kehormatan untuk menjadi wasit di DPRD dan kinerja Badan musyawarah sebagai perencanaan pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan seluruh anggota DPRD. 

“Dari apa yang dilakukan oleh rekan-rekan di beragam wilayah dapat dijadikan acuan bagi alat-alat kelengkapan DPRD Kulonprogo,” pungkas Wakil Ketua DPRD Kulonprogo usia berkunjung ke kantor DPRD Trenggalek.



Ganez Radisa Yuniansyah