INDONESIAONLINE – Kota Batu memiliki beragam motik batik, salah satunya yang diambil dari kebudayaannya yakni bantengan. Batik bantengan bagi sebagian kalangan memang sudah tidak asing didengar dan dilihat.

Bagi kalian yang ingin melihat seperti apa batik bantengan bisa kalian lihat maha karya yang dibuat oleh Anjani Batik Galeri, di Galeri Raos, Kota Batu hingga 9 Agustus mendatang. Masyarakat bisa melihat puluhan karya batik dari Anjani Batik Galeri dalam delapan tahun terakhir.

Ya pameran ini digelar untuk memperingati selama delapan tahun berkarya, Galeri Batik Anjani. Pameran ini bertajuk Metamorfosa.

Dengan merangkum perjalanan dan perubahan (metamorfosa) Aniani Sekar Arum, pemilik Anjani Batik Galeri, dalam berkarya dan membatik selama delapan tahun terakhir.

Baca Juga  Dorong Pemenuhan Data Sektoral, Pemkot Malang Gelar SATA Award 2023

Pemilik Anjani Batik Galeri, Anjani Sekar Arum, mengatakan, bantengan merupakan salah satu seni budaya di Jawa Timur yang harus dilestarikan. Sebagai salah satu identitas Kota Batu, seni Bantengan dituangkan dalam karya batik tulis bernama Batik Banteng Agung untuk dikomersilkan dan dikembangkan.

“Dengan cara ini kami melestarikan kebudayaan dalam sebuah karya batik tulis,” ucap Anjani. Menurutnya batik bantengan ini satu-satunya yang ada di Kota Batu.

“Batik banteng ini bisa menjadi Batik Khas Kota Batu,” tambah Anjani.

Sementara itu Wali Kota Batu memberikan apresiasi atas dedikasi Anjani Batik dalam melestarikan dan mengenalkan batik bantengan hingga ke luar negeri. Karyanya adalah karya yang luar biasa.

Baca Juga  BSU 2022 Rp 1 Juta Segera Cair, Cek Informasi Penyaluran di 2 Link Ini

“Saya mengikuti bagaimana perjalanan Anjani Batik hingga ada di posisi saat ini, ini adalah karya seni yang harus diapresiasi dan dihargai,” terang Dewanti.