INDONESIAONLINE – Debat pamungkas atau terakhir calon presiden akan digelar Minggu (4/2/2024). Dalam debat terakhir ini akan ada pembaruan, khususnya mengenai waktu yang diperpanjang di closing statement atau pernyataan penutup. Perpanjangan waktu closing statement adalah empat menit dari awalnya hanya dua menit.

Penambahan waktu itu menurut August Mellaz Koordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, merupakan usulan dari tim masing-masing pasangan calon.

“Ya usulan tersebut datang dari tim masing-masing paslon,” Kata Mellaz dalam jumpa pers, Jumat (2/2/2024).

Mellaz melanjutkan, walaupun ada penambahan waktu di closing statement, KPU RI sebagai penyelenggara debat tidak merubah durasi total pelaksanaan debat.

“Penambahan waktu tidak mengubah durasi total pelaksanaan debat yaitu 120 menit,” ujarnya.

Baca Juga  Data Real Count Masuk 66%, Begini Posisi Tiga Paslon 

KPU menegaskan, tidak ada waktu yang dikorbankan di balik penambahan durasi pernyataan penutup ini. Menurut mereka, pengurangan durasi hanya akan dilakukan pada sesi bicara moderator debat.

Sepert diketahui, debat kelima menjadi debat terakhir sebelum hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Debat akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Sedangkan untuk penyiaran debat ada tiga stasiun televisi yang akan menjadi penyelenggara debat, yakni TVOne, ANTV, dan NET TV.

Untuk moderator debat pamungkas ada Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Sedang terkait tema adalah seputar isu kesejahteraan sosial, pembangunan SDM dan inklusi. Sub tema debat meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial dan inklusi.

Baca Juga  Dugaan Data Pemilih KPU Bocor, Dibanderol Rp1,1 Miliar di Situs Internet