INDONESIAONLINE – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang. kembali beraksi. Hasilnya, saluran drainase di kawasan Jalan Andalas, Sukun, Kota Malang normal kembali.

Sebelumnya, saluran drainase di kawasan tersebut dipenuhi sampah dan mengalami pendangkalan akibat banyaknya sedimen. Kondisi ini pula yang membuat di kawasan tersebut kerap terjadi banjir saat musim hujan.

Usai dilakukan normalisasi, saluran drainase yang kurang lebih sepanjang 120 meter itu kini telah kembali seperti semula. Di mana, daya tampung atau volume air kembali normal. Kondisi air terpantau jernih dan dapat mengalir dengan lancar.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang Dandung Djuliharto mengatakan, normalisasi saluran drainase gencar dilakukan dengan menerjunkan tim Satgas.

Baca Juga  Atasi Banjir Sawojajar, Ini Langkah DPUPRPKP Kota Malang

Bahkan, setiap hari sebelum musim hujan, tim satgas selalu mobile untuk melakukan normalisasi saluran ataupun saluran yang dikeluhkan warga terdapat kendala.

“Ini menjadi komitmen pemerintah Kota Malang untuk bebas dari genangan. Zero banjir,” ucapnya.

Terpisah, Koordinator Satgas DPUPRPKP Kota Malang, Hari Widodo menyampaikan, normalisasi saluran di Jalan Andalas telah selesai. Kondisi saluran tentunya jauh berbeda dari sebelumnya dinormalisasi.

“Kerukan sendimen kedalamnya kurang lebih sekitar 1,3 meter. Tapi saat ini sudah selesai dan sudah bersih,” katanya.

Saluran yang ada di kawasan tersebut, sebelumnya banyak ditemukan sedimen tanah yang kemudian mempersempit daya tampung saluran. Sehingga, saat intensitas hujan tinggi, air dari saluran selebar 4 meter itu meluap menggenangi jalan.

Baca Juga  Dukung Tugas Lembaga, Puluhan Pegawai DPUPRPKP Kota Malang Ikuti Pelatihan Pilot Drone

Dalam normalisasi yang dilakukan sebelumnya, sempat dikerahkan beberapa alat berat untuk mendukung kelancaran proses normalisasi. Ada 1 excavator kecil, 1 excavator sedang dan 1 dump truk untuk mengangkut sendimen tanah yang dikeruk dari dalam saluran (as/dnv)