INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) menggelar Gebyar Nelayan Produk Perikanan di Alun-alun Kanigoro, Minggu (30/10/2022).

Informasi yang diterima INDONESIAONLINE, Agenda ini diisi dengan beragam kegiatan. Mulai dari lomba Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan untuk peningkatan kelembagaan nelayan.  Ada juga Duel Lobster yang diikuti oleh 21 KUB Nelayan dari 9 pantai yang ada di Kabupaten Blitar. Mereka menyajikan lobster dengan ukuran yang paling besar.

Kemudian ada pula bakar Ikan gratis yang bertujuan untuk mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), sebagai upaya peningkatan gizi. Gebyar Nelayan semakin meriah dengan lomba masak ikan siap saji yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Blitar. Serta tak ketinggalan, gelar produk kelompok pendukung Perikanan Tangkap (Wanita Nelayan) yang menyajikan hasil olahan ikan.

Baca Juga  PN Blitar Naik Kelas dan Resmikan PTSP, Ini Harapan Wabup Rahmat Santoso

“Saya dan Ibu Bupati Rini Syarifah sangat mendukung seluruh kegiatan ini. Dan saya minta menjadi agenda rutin serta membawa manfaat bagi kita semua,” kata Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso yang hadir langsung di agenda ini.

Lebih lanjut dalam kesempatan ini Rahmat menyampaikan sejumlah pesan. Diantaranya dirinya meminta agar dinas terkait terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha perikanan.

“Selain itu  saya juga mohon ada bimbingan dan pembinaan baik dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat sebagai upaya optimalisasi mengelola kekayaan sumberdaya perikanan yang kita miliki,” tukasnya.

Sebagai informasi, Gebyar Nelayan yang dipusatkan di Kanigoro kali ini dilaksanakan bersamaan dengan agenda penutupan Blitar Koi Show ke-21 Tahun 2022. Agenda ini dihadiri langsung Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Ir Dyah Wahyu Ernawati dan Staff Ahli KKP Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Dr Budi Sulistyo.

Baca Juga  Buka Bimtek Dinas PMD, Bupati Blitar Dorong RT Ikut Wujudkan Desa Maju dan Mandiri

Dalam sambutanya mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur Ir Dyah Wahyu Ernawati menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Blitar yang menggelar Gebyar Nelayan. Kegiatan ini menurutnya sangat positif untuk mendukung peningkatan kesejahteraan nelayan melalui ekonomi biru Indonesia.

“Suksesnya Gebyar Nelayan di Kabupaten Blitar semoga menjadi contoh bagi daerah-daerah pesisir lainya di Jawa Timur. Ayo kita bersama-sama mendukung program KKP yakni percepatan implementasi lima program ekonomi yang telah dirancang untuk menjadi ekologi sebagai panglima, serta menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi,” kata Dyah.(Adv/Kmf)