INDONESIAONLINE – Agenda wajib setiap awal bulan, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Trenggalek bahas jadwal anggota dewan bulan Februari. Ada banyak jenis kegiatan yang disusun pada Februari tahun ini, seperti persiapan Musrenbang Kecamatan hingga rampungkan Ranperda.

Seperti yang dijelaskan Agus Cahyono selaku Wakil Ketua DPRD Trenggalek bahwa pada Bulan Februari ini, anggota dewan harus bisa membagi waktu dengan baik. Pasalnya ada banyak jenis kegiatan yang harus diikuti.

“Ada beberapa kegiatan, di antaranya Musrenbang tingkat kecamatan, Pansus yang harus menyelesaikan tunggakan Ranperda, Komisi yang harus mengawal proses pendanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional, dan Kunker di sela-sela agenda Musrenbang,” tutur Agus Cahyono usai pimpin rapat, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga  Prabowo Tak Akan Mundur dari Kabinet seperti Mahfud MD

Dijelaskan secara detail, seperti Musrenbang tingkat kecamatan. Jadi setiap anggota DPRD Trenggalek wajib menghadiri Musrenbang Kecamatan. Diperkirakan, waktu yang akan dibutuhkan oleh seluruh anggota dewan bekisar satu pekan.

“Kan di Trenggalek ada 14 kecamatan, ya itu nanti digilir untuk berganti. Kami berharap seluruh anggota DPRD bisa hadir di Musrenbang kecamatan. Kita beri batasan waktu kurang lebih satu pekan,” jelas Agus Cahyono.

Agus juga menjelaskan bahwa DPRD Trenggalek tidak bisa seenaknya menyusun jadwal untuk agenda Musrenbang tingkat Kecamatan. Hal dikarenakan jadwal Musrenbang Kecamatan sudah ditetapkan oleh Bupati Trenggalek.

“Terkait Musrenbang, Kali ini kita terpola dengan agenda pemerintah Daerah. Pasalnya jadwal Musrenbang Kecamatan sudah ditetapkan oleh Bupati. Bahkan agenda kunker kita kita gabung sekalian saat agenda Mesrenbang Kecamatan berjalan,” tambahnya.

Baca Juga  1000 Lampu PJU di Kota Malang Berbasis Smart KwH, Ini Kelebihannya

Selain itu, Agus juga menegaskan ada agenda Paripurna di bulan Februari ini. Paripurna tersebut membahas tentang perubahan Propemperda. Sementara fokusnya, di penghujung bulan akan ada rapat Panitia khusus tentang Ranperda sisa tahun kemarin.

“Fokus kita pada pembahasan Panitia khusus yang sudah teragendakan di pekan terakhir bulan ini. Adapun yang dibahas Pansus nantinya meliputi Ranperda tunggakan yang tahun sebelumnya belum selesai,” pungkas Agus Cahyono.



Ganez Radisa Yuniansyah