Kawasan Jalan Mastrip Kota Blitar. (Foto: Aunur Rofiq/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES-Pemerintah Kota Blitar bakal menata kawasan Jalan Mastrip seperti Malioboro di Yogyakarta. Dengan penataan ini kawasan Jalan Mastrip nantinya akan dijadikan pusat pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Edi Wasono, mengatakan rencana ini telah dimatangkan Disparbud Kota Blitar dengan mengundang sejumlah pegiat ekonomi kreatif. Dalam pertemuan tersebut disepakati kawasan Jalan Mastrip akan dijadikan pusat kuliner dan oleh-oleh seperti Malioboro di Yogyakarta.kot 

“Lokasi Jalan Mastrip dinilai strategis karena dekat dengan stasiun kereta api, perhotelan dan pusat kuliner Kota Blitar,” kata Edi dilansir JATIMTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Rabu (2/2/2022).

Edi menambahkan, setelah berhasil disulap seperti Malioboro nantinya di Jalan Mastrip akan ditempatkan para pelaku UMKM untuk menyajikan makanan tradisional seperti cenil, gethuk, pecel, jenang. Disamping itu suasana di Jalan Mastrip dipastikan juga akan semakin semarak dengan makanan khas angkringan di sisi bagian selatan.

Baca Juga  Dukung Pengembangan IKN, APERSI Akan Bangun 10.000 Unit Rumah

“Nantinya seluruh lapak yang berjualan di kawasan Jalan Mastrip akan menggambarkan Kota Blitar sebagai Bumi Proklamator Bung Karno. Bahkan tidak menutup kemungkinan nantinya di kawasan Jalan Mastrip akan dipentaskan live musik jalanan,” terangnya.

Terkait dengan penganggaran pembangunan, Edi mengaku pihaknya akan berupaya mengakomodir kebutuhan dan anggaran yang akan diajukan di Perubahan Anggaran Kegiatan (PAK) APBD Kota Blitar Tahun 2022.

“Tahap awal ini kami akan membentuk parekraf seperti di Malioboro. Parekraf ini terdiri dari pelaku usaha wisata, kuliner dan lainnya. Parekraf ini akan kita tetapkan di beberapa titik lokasi,” pungkasnya.



Aunur Rofiq