ASN saat melakukan bersih-bersih di kawasan Stadion Brantas, Jumat (17/12/2021).

JATIMTIMES – Persiapan proses relokasi kini tengah dilakukan oleh pedagang Pasar Besar Kota Batu. Agar terlihat kebersihannya ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Batu terjun melakukan kerja bakti, di kawasan Stadion Brantas, Jumat (17/12/2021).

Kerja bakti dilakukan di Stadion Sumber Brantas mulai dari area timur dan barat pintu masuk, Area Hutan Kota Batu, Jalan antara SMPN 1 dan SMAN 1 hingga area dalam stadion. Pembersihan dilakukan dengan membersihkan mulai dari saluran air, rumput liar dan sampah.

Kegiatan yang rutin dilakukan Pemkot Batu setiap hari Jumat ini menjadi salah satu kampanye kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan gotong royong kerja bakti agar Kota Batu lebih indah, nyaman dan bebas sampah.

Baca Juga  Bupati Malang Ancam Pecat Kepsek yang Pungut Biaya Pendidikan Anak Yatim dan Tidak Mampu

“Kerja bakti ini kami laksanakan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan serta mempersiapkan relokasi pasar di Stadion Brantas,” ungkap Sekda Kota Batu, Zadiem Effisiensi.

Sementara itu pada 17-18 Desember 2021 dijadwalkan pedagang Pasar Besar Kota Batu mendapatkan kunci kios permanen. Jika sesuai jadwal mereka hanya memiliki waktu pindahan mulai 18-25 Desember 2021 mendatang.

Dengan demikian pedagang hanya memiliki waktu selama satu pekan untuk menata barang mereka dari Pasar Besar Kota Batu ke tempat relokasi. Di sana Pemkot Batu menyediakan 1.136 kios semi permanen.

Sementara untuk revitalisasi Pasar Besar Kota Batu akan menggunakan anggaran secara multi years. Pada akhir tahun 2021 ini sudah dilakukan pengerjaan fisik dengan anggaran Rp 19 miliar. Namun pengerjaan fisiknya lebih banyak pada tahun 2022 mendatang. Dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp 200 miliar.

Baca Juga  Kebijakan Baru, Jatim Berpotensi Kehilangan Rp 4 T dari Pajak Kendaraan

Sedang revitalisasi Pasar Besar Kota Batu merupakan proyek strategis nasional. Juga menjadi komitmen Kota Batu untuk menjadikannya pasar terbaik, yang dapat menampung semua pedagang dan bisa berdagang dengan layak.



Irsya Richa