INDONESIAONLINE – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana menginformasikan bahwa per tanggal 1 Maret 2023, aplikasi nasional PeduliLindungi resmi bertransformasi menjadi SATUSEHAT Mobile. Hal tersebut ia katakan saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu,(1/3/23).

“Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah resmi mentransformasikan aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat bernama SATUSEHAT Mobile”,kata Apip.

Ia mengatakan bahwa PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar hari ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai SATUSEHAT Mobile mulai 1 Maret 2023.

“Bagi yang telah mengunduh PeduliLindungi sebelumnya, masyarakat hanya perlu memperbarui aplikasi melalui Play Store maupun App Store, baik secara otomatis maupun manual. Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di SATUSEHAT Mobile, pengguna hanya perlu log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar,” jelas Apip lebih lanjut.

Namun demikian, dikonfirmasi oleh pihaknya bahwa memang untuk tahap awal ini perbaharuan aplikasi ditujukan bagi pengguna IOS. Sementara untuk pengguna Android akan segera tersedia dalam waktu dekat.

Baca Juga  Ketua TP PKK Kota Kediri Bunda Fey Ajak Lengkapi Imunisasi Pada Bulan Imunisasi Nasional

Dijelaskan oleh Apip, pengguna lama PeduliLindungi tidak perlu khawatir karena proses transformasi ini tidak akan ribet. Sebagaimana dikutip dari siaran pers Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementrian Kesehatan RI, profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin COVID-19 akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi, setelah memberikan persetujuan, pengguna SATUSEHAT Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan SATUSEHAT Mobile.

Saat ditanyai mengenai fitur layanan Aplikasi SATUSEHAT Mobile ini, pihaknya menerangkan bahwa selain fitur-fitur yang ada sebelumnya di PeduliLindungi, seperti vaksinasi COVID-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in, dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama ‘diari kesehatan’

“Fitur ini dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat,”tandasnya.

Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut, yaitu pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah dan detak jantung. Setelahnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut.

Baca Juga  Selama 2022, Warga 62 Habiskan Waktu Akses Aplikasi Belanja Online 6,6 Miliar Jam

Dengan adanya fitur diari kesehatan tersebut, SATUSEHAT Mobile dapat membantu dan memberikan informasi hingga memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna, dan hal tersebut dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

“Disamping itu, pengembangan Aplikasi ini juga akan terus dilakukan, kedepan mulai dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat nanti akan dapat diakses dan terintegrasi melalui SATUSEHAT Mobile,”ujar Apip.

“Jadi saya imbau untuk seluruh warga Kota Kediri, silahkan dicek apakah aplikasi PeduliLindungi di HP nya sudah terupdate menjadi SATUSEHAT Mobile ataukah belum. Jika belum segera dilakukan pembaharuan,”pungkas dia.